Kendaraan kami ini tidak bisa menunggu lama-lama, Ayo segera ambil tiket, dan kita berangkat... BISMILLAHI TAWAKKALTU 'ALALLOH

Program Jariyah Masjid

Jariyah Pembangunan Masjid Kubahsongo...KLIK DI SINI !! .

Program Santunan

Santunan Yatim Piatu dan Dhuafa'..KLIK DI SINI !!! .

Program Jariyah Madrasah

Jariyah Madrasah dan Pendidikan NU...KLIK DI SINI !!! .

Infaq Sarana Dakwah

Infaq Sarana Dakwah, Radio Aswaja...KLIK DI SINI !! .

Cari

PERBEDAAN zAKAT. INFAQ DAN SHODAQOH


ZAKAT : Kewajiban Harta yang memiliki syarat tertentu, alokasi tertentu, dan waktu tertentu

Zakat merupakan salah satu pilar dari pilar islam yang lima,Allah SWT, telah mewajibkan bagi setiap muslim untuk mengeluarkannya sebagai penyuci harta mereka, yaitu bagi mereka yang telah memiliki harta sampai nishab (batas terendah wajibnya zakat) dan telah lewat atas kepemilikan harta tersebut masa haul (satu tahun bagi harta simpanan dan niaga,atau telah tiba saat memanen hasil pertanian).
Allah SWT berfirman Q.S. al-Baqarah :2/277 :
“ sesunguhnya orang-orang yang beriman,menerjakan amal saleh,mendirikan salat dan menunaikn zakat, mereka mendapat pahala dari sisi tuhanya.tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati”. (Q.S. Al Baqarah 277 )

INFAQ : Mengeluarkan harta yang mencakup zakat dan non zakat, ada yang wajib dan ada juga yang sunah.

Infaq Terdiri dari :
1. INFAQ WAJIB : seperti Zakat, Nazar
2. INFAQ SUNAH : seperti memberikan pertolongan dengan dengan memberikan suatu barang.
Firman Allah SWT, Yang artinya :
“.......dan tetaplah kamu berINFAQ untuk agama Allah, dan jangnlah kamu menjerumuskan diri dengan tanganmu sendiri kelembah kecelakaan ( karena menghentikan INFAQ itu )”, ( Q-S. Al – Baqarah ayat 195 )

Sabda Rasulullah SAW, yang artinya :
“ Dari abu musa al-asyari R.A. dari Nabi Muhammad SAW bersabda : “ tiap – tiap muslim haruslah bersedekah”; Sahabat brtanya : “ Bagaimana kalau tidak mampu ya Rasulullah”, Rasulullah menjawab : “ berusaha dengan kedua tangannya ( Tenaganya ) hingga berhasil untuk dirinya dan bersedekah “ ( H.R Muttafaq’alaih )

Ketentuan BerINFAQ

1. INFAQ WAJIB : bentuk dan jumlah pemberiannya telah di tentukan
2. INFAQ SUNAH : tidak ada kekentuan dalam bentuk dan jumlah pemberiannya, terserah kepada pertimbangan dan keihklasan

Manfa’at Ber – INFAQ : Mengharap Ridho Allah dan Melatih diri untuk selsu berbuat baik di hadapan Allah SWT.

SHODAQOH: maknanya lebih luas, mencakup Zakat, Infaq, atau kebaikan non materi lainnya

Pengertian Shodaqoh adalah Memberi sesuatu kepada orang lain yang sangat membutuhkan, dengan mengharapkan pahala dan Ridho Allah SWT

Firman Allah SWT, dala Al – quran Surah Al – Baqarah ayat 177 yang Artinya :
“ memberikan harta benda yang di kasihinya kepada keluarganya yang miskin, kepada anak Yatim, Orang Miskin, orang – orang dalam perjalanan, kepada orang yang meminta ( karena tidak punya ) dan untuk memerdekakan hamba sahaya”

Hadits.
Seorang Sahabat Bertanya kepada Rasulullah SAW, “ Shodaqoh yang bagaimana yang paling besar pahalanya?” Nabi SAW menjawab, “ sa’at kamu bershodaqoh hendaklah kamu sehat dan dalam kondisi pelit dan saat kamu takut melarat tetapi mengharap kaya, jangan di tunda sehingga rohmu di tenggorokan baru kamu berkata untuk fulan sekian dan untuk si fulan sekian.” ( H.R Bukhari )

“ Jauhkanlah dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan bershodaqoh sebutir kurma” ( H.R Muttafaq’alaih )

“ Apabila anak Adam wafat putuslah amalnya kecuali tiga hal yaitu sodaqoh jariyah, pengajaran dan penyebaran ilmu yang dimanfaatkannya untuk orang lain, dan anak (baik laki-laki maupun perempuan) yang mendoakannya.” (HR. Muslim)

Abu Dzarr Ra berkata bahwa beberapa sahabat Rasulullah Saw berkata, “Ya Rasulullah, orang-orang yang banyak hartanya memperoleh lebih banyak pahala. Mereka shalat sebagaimana kami shalat dan berpuasa sebagaimana kami berpuasa dan mereka bisa bersedekah dengan kelebihan harta mereka.” Nabi Saw lalu berkata, “Bukankah Allah telah memberimu apa yang dapat kamu sedekahkan? Tiap-tiap ucapan tasbih adalah sodaqoh, takbir sodaqoh, tahmid sodaqoh, tahlil sodaqoh, amar makruf sodaqoh, nahi mungkar sodaqoh, bersenggama dengan isteri pun sodaqoh.” Para sahabat lalu bertanya, “Apakah melampiaskan syahwat mendapat pahala?” Nabi menjawab, “Tidakkah kamu mengerti bahwa kalau dilampiaskannya di tempat yang haram bukankah itu berdosa? Begitu pula kalau syahwat diletakkan di tempat halal, maka dia memperoleh pahala. (HR. Muslim)

Manfaat Bershodaqoh :
a. Untuk mencegah datangnya bala,
b. Untuk dapat memelihara harta dari hal – hal yang tidak di inginkan dan
c. Mengharapkan keberkahan harta yang di milikinya.

Dari Anas bin malik radhiyallahuanhu, dari nabi Shalallahu’ alihi wa sallam, beliau bersabda : ketika Allah menciptakan bumi, bumi itu goyang, maka dia menciptakan gunung – gunung, lalu gunung itu menjadi tetap ( Tidak bergoyang ), maka malaikat heran melihat kehebatan gunung, maka mereka ( Malaikat ) bertanya : “ wahai tuhanku, adakah mahlukmu yang lebih hebat dari pada gunung ?”, Allah berfirman : “ya, Besi”, mereka bertanya lagi : “ya tuhanku adakah mahlukmu yang lebih hebat dari Besi ?”, dia berfirman : “Ya, Api”, mereka bertannya lagi : “ Wahai Tuhanku, adakah mahlukmu yang lebih hebat dari api ?”, dia berfirman : “ya, Air”, mereka bertanya lagi : ” wahai tuhanku, adakah mahlukmu yang lebih hebat dari Air ?”, dia Berfirman : “ya, angin”, mereka bertanya lagi : “ wahai tuhanku, adakah mahlukmu yang lebih hebat dari Angin?”, dia berfirman : “Ya, Anak cucu Adam yang tangan kanannya mensedekahkan sesuatu dengan tersembunyi dari tangan kirinya” ( Hadits di takhrij oleh Tirmidzi).


0 komentar:

Posting Komentar